Pengentasan Kemiskinan, Peningkatan Kualitas Infrastruktur dan Konektifitas Wilayah Jadi Prioritas pada Musrenbang RKPD Tahun 2024

Posted by Admin Web | 2023-03-02 09:57:29 | 1243 kali dibaca

Image

by Admin Web 2023-03-02 09:57:29 Berita Daerah

Dalam rangka mensinergikan program/kegiatan yang diusulkan melalui proses perencanaan teknokrat, parsitipatif dan politis, serta untuk menyepakati prioritas program/kegiatan yang diakomodir dalam rancangan RKPD, Pemerintah Kabupaten Pangandaran menggelar Musrenbang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pangandaran Tahun 2024, bertempat di Hotel Pantai Indah Pangandaran. Rabu (1/3/2023).

 

Musrenbang kali ini mengusung tema "Optimalisasi Pengentasan Kemiskinan, Peningkatan Kualitas Infrastruktur dan Konektifitas Wilayah".

 

Berdasarkan laporan Sekretaris Daerah, Musrenbang Kecamatan yang telah dilaksanakan menghasilkan 2.531 usulan kegiatan, yang meliputi bidang infrastruktur, perekonomian, sosial budaya dan pemerintahan.

 

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata menyampaikan bahwa Musrenbang kali ini mempunyai arti yang penting dan strategis, selain kebijakan harus diseuaikan dengan kebutuhan juga arus ada perubahan paradigma, harus ada perubahan mindset dan komitmen.

 

Hal tersebut karena adanya akselerasi pencapaian target kinerja RPJMD tahun 2026 yang diakselerasi menjadi RPJMD tahun 2024.

 

Dari beberapa indikator makro seperti IPM, laju pertumbuhan ekonomi, PDRB, indeks gini, tingkat pengangguran terbuka, serta tingkat kemiskinan, Kabupaten Pangandaran menunjukkan capaian positif. Jika dilihat dari sektor riil berdasarkan realisasi program prioritas dan penghargaan yang diperoleh, Kabupaten Pangandaran mendapatkan banyak pencapaian dan penghargaan baik dalam bidang infrastruktur, sosial budaya, perekonomian dengan prioritas pariwisata, serta bidang pemerintahan.

 

Bupati mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja bersama membangun Pangandaran.
"Mari kita dalam musrenbang ini menjadi momentum kita untuk bekerja dengan sungguh-sungguh. Ayo kita tetap optimis dan bersinergi membangun Kabupaten Pangandaran yang lebih baik, karena kalau ada kebaikan bukan karena kebaikan bupati, tapi karena kerja keras kita bersama" pungkas beliau.

 

Hadir pada kegiatan Musrenbang Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dra. H. Ijah Hartini, Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin H.M.M, Forkopimda Kabupaten Pangandaran, Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Dr. H. Kusdiana, MM, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran H. Tini Nurmasari Indrawan, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Daerah lingkup Setda Kab. Pangandaran, Para Kepala SKPD, tamu undangan lainnya dan peserta Musrenbang yang mengikuti secara tatap muka maupun secara daring.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran